Kelebihan Memakai OS Linux

Posted: 17 Desember 2010 in Linux
Tag:, ,

Sejak menggunakan Linux, saya mendapatkan berbagai kemudahan yang membuat saya betah untuk menggunakan Linux sebagai OS utama dalam Notebook saya. Apalagi, sejak windows xp tersingkir dengan cara yang tidak hormat (dipecat seperti pejabat korupsi), Linux adalah satu-satunya OS yang berada dalam Notebook Lenovo S10-2 Ideapad milik saya. Beberapa kelebihan Linux dibandingkan windows yang membuat saya merasa betah menggunakannya adalah:

  1. Open Source, sehingga bisa mengurangi bajakan. Hanya sedikit dari Linux yang bisa dibajak. diantaranya adalah Power Pack Mandriva
  2. Jarang virus. Virus komputer yang menyerang windows biasanya karena kebanyakan software windows harus dibeli dengan harga yang tinggi. Serta seringnya tidak open source. Sementara di Linux, hampir semua aplikasi dan software adalah FOSS atau Free Open Source Software.
  3. Tidak pernah menemukan Crack atau Serial Number
  4. Transfer file antar device sangat cepat. Sebagai contoh, saya memindahkan file dengan total 23,3 GB dengan waktu 20 menit, dengan rata-rata kecepatan transfer 20 mbps. Sementara di windows, saya harus menunggu selama lebih dari 30 menit.
  5. Kecepatan Burning ISO yang cukup cepat. Untuk membuat sebuah CD, membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Sementara untuk DVD, membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Kurang lebih, separuh waktu dari waktu burning file ISO di windows
  6. Sahabat koneksi internet lambat.
  7. Remastering dengan mudah sehingga bisa share dengan pengguna Linux lain. Jika di windows, harus memiliki software tambahan jika ingin share hasil backup.
  8. Cerdas dalam membaca hardware. Sehingga tidak membutuhkan banyak driver untuk membuat komputer, laptop, atau notebook bisa digunakan dengan sempurna. Sementara, windows termasuk manja. Karena membutuhkan banyak driver jika ingin komputer kita bisa berjalan sempurna.
  9. Bisa Live CD. Kita bisa menjajal kemampuan Linux sebelum kita install. Sementar windows, harus install terlebih dahulu.
  10. Prosesor bisa lebih dingin. Karena, sebagian besar kerja CPU, ada pada RAM.
  11. Tersedia Software manager yang bisa memudahkan kita dalam instalasi software baru atau uninstall sotware lama.

Sementara, hanya kelebihan ini yang baru saya pelajari. Namun, masih banyak kelebihan lain dari Linux yang selalu membuat para penggunanya kecanduan. Selain kelebihan, Linux juga memiliki kekurangan, yaitu tidak ada auto patcher yang mebuatnya harus sering update melalui internet. Namun, hal ini hanya dialami oleh distro yang rilisnya cepat, atau setiap 6 bulan sekali. Jika menggunakan Distro Linux yang rilis setelah stabil seperti Debian, Slckware, Fedora, atau distro Linux yang lain, anda tidak akan mengalami seringnya update software, seperti yang sering dialami oleh para pengguna Ubuntu dan keturunannya. Jadi, anda tinggal pilih distro mana yang akan anda gunakan. Apakah distro yang sering update, atau distro yang advance? Semua keputusan ada di tangan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s