Berbagi dan Berpromosi Artikel lewat Social Bookmarking

Posted: 17 Desember 2010 in Hobi, Softskill Pengantar Bisnis Informatika
Tag:,

Internet terus berkembang, pertumbuhan website dan blog sungguh luar biasa. Beragam artikel dan konten digital -mulai dari gambar, audio, hingga video- tersebar dan siap untuk dinikmati. Di satu sisi, pengelola website dan blogger berlomba ingin agar artikel dan konten situsnya menjadi yang terpopuler dan banyak dikunjungi. Di sisi lain, pengguna internet ingin mendapatkan pilihan artikel terbaik dan paling sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Kini, selain melalui search engine, Social Bookmarking menjadi salah satu solusi yang sangat digemari para pengelola web dan pengguna internet. Social Bookmarking merupakan sebuah metode bagi pengguna internet untuk menyimpan, mengelola, dan mencari halaman web dengan memanfaatkan layanan situs-situs penyimpan data halaman web. Jika kita bisa mem-bookmarks halaman-halaman web favorit di web browser, Social Bookmarking memungkinkan kita melakukan hal serupa -dengan kelebihan data bookmarks tersimpan di situs Social Bookmarking dan dapat dinikmati pengguna lainnya.

Contoh situs Social Bookmarking yang populer adalah DIGG, StumbleUpon, dan Technorati. Berbeda dengan layanan direktori web yang hanya menyimpan & menyajikan daftar URL halaman utama situs-situs dan dikelola secara manual oleh editor layanan direktori web, mekanisme Social Bookmarking lebih dinamis dan demokratis. Pengelola web dan blog dapat mendaftarkan setiap URL artikel dan posting di website atau blognya. Artikel terdaftar selanjutnya akan divoting pengunjung, dan yang terpopuler akan disajikan secara khusus di halaman awal. Di sinilah, pengguna internet dapat memperoleh manfaat, yaitu mendapatkan referensi dan sumber artikel yang terbaik.

Situs Social Bookmarking biasanya menyediakan fitur instan untuk mensubmit URL, berupa add-on untuk diinstal di toolbar web browser, atau ikon link submit yang dapat dipasang di halaman web atau blog. Ini akan mempermudah pengelola website dan blog untuk dapat menyebarkan artikel-artikelnya, berpromosi, dan mendapatkan peningkatan kunjungan (traffic) via situs-situs Social Bookmarking. Selain itu, umumnya situs Social Bookmarking juga menyediakan fitur tambahan, seperti pemberian komentar, pencarian teman sesama user, dan fitur bersosialisasi sejenisnya.

 

Artikel ini Akan Diposting di WARTA WARGA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s