Codelgniter

Posted: 17 Desember 2010 in Softskill Pengantar Bisnis Informatika

 

Pada awalnya saya ingin membuat tutorial codeigniter, tapi karena saya juga masih pemula saya belum berani langsung menulis tutorial. Mungkin nanti setelah saya selesai menyelesaikan beberapa proyek web menggunakan Codeigniter, baru saya berani membuat tutorialnya, untuk saat ini sambil mencari-cari proyek web, sementara kita akan berkenalan dulu dengan CodeIgniter.

Apa itu Framework ?
Gampangnya framework adalah kumpulan fungsi-fungsi dan class untuk tujuan tertentu yang sudah siap pakai sehingga bisa lebih mempermudah pekerjaan pemrograman, tanpa harus reinvent wheel. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membacanya di wikipedia atau membaca tulisan saya tentang Framework.

 

Mengapa CodeIgniter?
Mengapa Tidak….
Kalau anda membaca user guide codeigniter ada banyak list kelebihan framework ini dibandingkan dengan frramework yang lain, bahkan yang sangat terkenal sekalipun seperti Symfony dan juga Zend, antara lain :
Performa sangat cepat : salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.
Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration) : tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php, namun untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, anda hanya perlu merubah sedikit saja file pada folder config.
Dokumentasi yang sangat lengkap : Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami bahkan untuk saya yang bahasa inggrisnya kurang baik, semoga saja kedepan ada yang mau menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Ditambah lagi oficial video tutorial membuat blog dalam 20 menit yang disediakan di situsnya, untuk mengaksesnya anda bisa menggunakan quick time atau bisa juga mendownload video yang sudah diupload pada youtube.com seperti yang pernah saya jelaskan di tips belajar pemrograman melalui youtube.com.
Mudah dipelajari : Mungkin pengaruh dokumentasi yang bagus sehingga codeigniter mudah untuk dipelajari, atau memang framework ini benar-benar mudah dipelajari. Sebelumnya saya pernah mencoba-coba mempelajari Zend, Symfony, dan Prado, tiga framework yang memang lebih powerfull daripada codeigniter, tapi juga lebih sulit untuk dipelajari. Inilah alasan terkuat saya jatuh cinta pada codeigniter.
Compatible dengan banyak hosting : tidak seperti kebanyakan framework lain yang hanya bisa berjalan di PHP 5, codeigniter bisa berjalan dengan lancar pada PHP 4, meskipun ini saat ini sudah banyak hosting yang menggunakan PHP 5 tapi saya pernah mendapati ada beberapa yang masih menggunakan PHP 4. Juga codeigniter tidak menggunakan PEAR atau tool CLI lainnya, sehingga memberi keleluasaan bagi anda yang tidak mempunyai akses ke shell pada hosting anda.

Beberapa alasan di atas mungkin sudah cukup meyakinkan anda untuk memilih menggunakan codeigniter daripada framework yang lain. Kalau masih belum cukup juga, silahkan mengunjungin situs codeigniter untuk mengetahui kelebihan-kelebihan yang lain.

Oh ya, Rasmus Lerdrof pembuat PHP, menganjurkan untuk tidak menggunakan framework karena kecepatan eksekusinya, tapi kalau memang anda ingin menggunakan framework untuk mempercepat proses development anda, Rasmus menyarankan Codeigniter, tahu kenapa? Cek saja sendiri di situsnya.

Siapa yang bisa menggunakan Codeigniter?
Tentu saja semua bisa menggunakan Codeigniter, hanya saja ada satu prinsip dasar sebelum menggunakan framework apapun. Framework hanyalah alat bantu yang digunakan untuk mempermudah pemrograman berbasis web, sebelum memutuskan untuk menggunakan framework, terlebih dahulu anda harus menguasai dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu. Paling nggak seperti itulah yang disarankan para ahli. Jangan khawatir kalau anda sudah mengetahui dasar-dasar PHP anda pasti akan mudah sekali memahami Codeigniter dengan cukup hanya membaca user_guide yang disertakan, atau kalau masih kurang lagi anda bisa mencari bukunya di Amazon.com atau mungkin di Rapidshare (heeeeeee).
Bagi anda yang kurang bisa memahami bahasa Inggris, ada juga tutorial Codeigniter dalam bahasa Indonesia yang dapat anda temukan di situs forum Codeigniter Indonesia, tapi saya sendiri kurang menyarankan menggunakan ini karena tulisannya cukup panjang tapi tidak selengkap user_guide-nya. Namun bagaimanapun juga itu kembali pada pilihan anda semua.

Yach semoga tulisan di atas bisa meningkatkan gairah anda untuk mempelajari framework dan codeigniter, jangan khawatir anda tidak sedang memperbodoh diri anda dengan menggunakan framework yang mempermudah pekerjaan anda, dengan mempelajari framework anda sedang meningkatkan efisiensi kinerja anda agar lebih optimal dan produktif. Selama ber-CI ria….

Komentar
  1. Fill Gunawan mengatakan:

    ya codeigniter memang punya banyak kelebihan, karena itu saya juga menggunakan framework ini untuk men-develop aplikasi web, yang di sayangkan adalah forum atau komunitas codeigniter kurang bagus dan tampilan forumnya saya nilai cukup buruk, karena tidak menggunakan standar forum pada umumnya.

    Udah lama ikut forum tersebut, tapi tetep aja masih gak nyaman sama tampilan dan sistem yang ada disana. Semoga forumnya menjadi lebih baik lagi ke depannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s