Membasmi Virus Tanpa Antivirus

Posted: 9 Desember 2010 in Tidak terkategori

Sebenernya gw gak pede menurunkan tulisan ini karena gw bukan ahlinya tapi sepertinya penting juga.
Selama beberapa bulan terakhir komputer gw dengan fitur seadanya sangat aman dari virus, trojan ataupun worm. Dari temen gw, gw sering denger keluh kesah mereka mengenai virus yang menyebabkan mereka harus instal ulang mesin mereka, padahal instal ulang untuk temen gw yang penelitian pake program arcView, autocad, erdas, ERMapper, Panavue, surfer dll yang runyam itu sangat menyebalkan untuk dilakukan. Untuk mengatasi hal itu gw punya beberapa solusi damai, tanpa antivirus tanpa harus terkungkung pada satu vendor ( waha… keren banget sich bahasanya, gw gak tahu tuch artinya apa, lupa juga mungut dari mana)

Sejarah nya virus dahulu kala adalah game yang dimainkan di laboratorium BELL, mereka membuat program untuk menghancurkan program lawan, program yang paling banyak menghancurkan program lawan adalah program pemenang. Bahaya… awalnya game ini hanya beredar di lab namun kemudian merambah keluar dan menjadi berbahaya (bagi pengguna komputer tentunya). Virus ada mecem-macem tapi gak bakal gw jabarin, karena gw sendiri gak ngerti maunya apa, jadi sori ya, gak penting buat gw dan buat kamu pengguna komputer yang sangat awam. Lanjut, berikut langkah aman yang bisa kita aplikasikan:

1. Beberapa virus memanfaatkan fungsi autorun pada windows untuk masuk ke komputer. Maka amannya matikan autorun di komputermu. Caranya?? puanjang tapi gampang, gw malay ngetik, tapi coba liat di ilmukomputer.com sapa tau artikel yang gw baca jaman dulu masih ada hehehe… sori ya nambah beban kamu.

2. Infeksi virus umumnya melalui removable disk, bisa berupa folder atau file dengan nama yang biasa kita pake atau menggunakan nama yang kamu pake tapi contentnya berupa virus. Kalo kamu aktifkan maka komputermu jadi pesakitan. Cara mengatasinya adalah hapalkan semua folder dan file yang kamu punya di removable diskmu, USB, FD or whatever semacem itu. Dan perhatiakan extensionnya, .doc , .exl , .ppt , .txt paling sering dikerjai virus, hati-hati. Kalo nyimpen data bisa pake .rtf tapi kalo ada gambar biarkan saja dalam bentuk .doc suka gak kesimpen soalnya atau gambarnya di simpen lagi ke .JPEG or anything like that.

3. kalo merasa belum cukup aman dengan langkah di atas maka beralih lagi ke komputer, ganti icon folder dan icon yang sering digunakan lainnya seperti .doc dan .rtf , download aja di internet kan banyak tuch icon lutu-lutu gratisan, biasanya sich virus berbentuk icon lama. jadi kalo buka USB dan melihat ada icon yang tidak sama dengan icon yang udah kamu ganti maka buang benda itu.

4. Sekarang virus yang lagi rame menyerang mahasiswa (temen gw, gak tau kalo elo-elo kena virus laen) adalah jenis visual basic atau vbs gitu. cara menanggulanginya gampang, buka direktori C-Windows folder system32 dan hapus msvbvm60.dll pasti vbs gak ngaruh ke mesin kamu tapi ada resikonya, aplikasi visual basic tidak bisa jalan dikomputermu. Jadi kalo gak mau itu terjadi maka rename saja folder itu menjadi (kalo gw) alinmsvbvm60.dll kalo ada aplikasi visual basic yang akan kamu pake maka rename saja lagi ke nama semula, repot? sana pake antivirus…

5. Pastikan penyimpanan data dilakukan di direktori selain C, program sekunder macem game bisa di taruh di selain C juga, printer juga gitu, soalnya kalo sampe ada virus maniac membabi buta mematikan komputermu maka kamu gak perlu nangis bombay saat instal ulang kehilangan data. tapi kalo yang rusak harddisk ya sudah ikhlaskan saja.

6. Ada satu cara lagi, yaitu mengganti extension file yang sering diguna-guna virus seperti .doc diganti jadi .alin misalnya tapi runyam soalnya kalo kamu transfer data ke komputer lain maka data itu gak bisa dibuka kerana gak ada extensionnya, yah gitu dech repot. tapi efektif. ya
sudahlah…

Gitulah, semoga bermanfaat, tapi virus selalu menyesuaikan dengan sikon, para pembuat virus selalu mencari cara menyukseskan pengerusakan komputer dengan virus buatannya, kreatif banget ya? salut!! makanya kita juga harus kreatif, belajar terus ama orang yang lebih tahu. Gw sendiri gak tahu apa langkah diatas masih bisa mengamankan karena udah lama gak berinteraksi dengan virus or worm or trojan or anyelse kalo ada cara baru yang gampang, gak perlu instalan apa-apa bagi tahu ke gw ya… jangan pelit-pelit ilmu, ingat: kiamat sudah dekat! oh iya, ada program deepfreeze yang bisa dipake di direktori C untuk mengamankan program file tapi gw gak suka pake itu, soalnya gw pikun tapi gw sarankan pake aja.

 

Tulisan Ini Akan Di Posting Di Warta Warga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s