Tips Memelihara Chihuahua

Posted: 11 Oktober 2010 in Hobi, Softskill Pengantar Bisnis Informatika
Tag:, ,

Berikut tip-tip singkat merawat Chihuahua .

Merawat Anakan umur 2 bulan sampai“ 1 tahun.

Pemberian makan dilakukan 4 kali sehari , karena Chihuahua memiliki system pencernaan yang kecil sebaiknya tidak diberi makan terlalu banyak. Misalnya porsi makan perhari 50 gram dog food kering, jangan diberikan dalam 2 kali makan (25 gram) akan lebih baik kalau porsi makanan tersebut diberikan dalam 4 kali (12,5 gram). Dog food kering sebaiknya dilunakkan sampai berumur 3 bulan. Pemberian makan 4 kali perhari sampai berumur 6 bulan setelah itu cukup 2 kali perhari. Chihuahua dibawah 1 tahun sebaiknya jangan terlalu gemuk untuk menjaga agar pertumbuhan tulangnya tidak terganggu.

Perawatan sehari-hari.

Ada baiknya kalau anjing Chihuahua tidak dipelihara didalam kandang. Cukup sediakan tempat yang aman untuk dia bermain . Ruangan tidak perlu ber-AC karena anjing ini tidak kuat dengan cuaca dingin. Lebih baik lagi kalau dipelihara diruangan yang terkena sinar matahari.

Penjemuran setiap hari mutlak untuk dilakukan jika anjing dipelihara didalam kandang atau didalam ruangan (indoor) . Anjing yang dipelihara dihalaman terbuka akan memilih sendiri waktu untuk berjemur, jangan heran kalau mereka berjemur di siang hari padahal kalau menurut dokter hewan (kebanyakan) waktu untuk menjemur yang baik adalah sekitar jam 7 – 8 pagi. Secara alami, anjing berjemur untuk mengeringkan bulunya agar tidak lembab. Anjing yang suka berjemur biasanya akan lebih kuat dari serangan penyakit kulit.

Mandikan Chihuahua sejarang mungkin . Untuk Chihuahua yang dipelihara di dalam ruangan dapat dimandikan paling cepat 3 bulan sekali. Untuk yang diluar ruangan (outdoor) sebaiknya paling cepat 1 bulan sekali. Memang, anda akan terganggu dengan baunya jika jarang dimandikan tapi bulu mereka akan lebih sehat karena kulit mereka tidak kering karena minyak pelapis yang dihasilkan oleh kulit untuk melindungi bulu tidak terhapus oleh deterjen. Untuk menanggulangi bau tersebut anda bisa memandikan dengan cara kering menggunakan dry shampoo yang banyak dijual di pet shop atau bisa juga menggunakan bedak bayi. Bedak ditaburkan diseluruh tubuh lalu dengan menggunakan sisir sikat ( bisa menggunakan sikat semir sepatu) sisir dari arah kepala ke arah ekor sampai bedak tersebut jatuh bersama dengan bulu mati dan kotoran lainnya.

Pilih makanan (dog food) yang ber-kible kecil agar mudah dikunyah oleh Chihuahua. Protein maksimal untuk Chihuahua adalah 28% . Jika sudah diberi dog food yang berkualitas, penambahan vitamin atau suplemen yang lain tidak diperlukan.

Walaupun sudah dipelihara di ruangan yang cukup luas, Chihuahua perlu diberi latihan (exercise) yang cukup diluar rumah. Selain untuk membentuk tubuh yang bagus, latihan diluar rumah (jalan raya) juga dapat membentuk karakter Chihuahua agar tidak pemalu. Latihan bisa dimulai pada umur 3 bulan atau jika vaksinasinya sudah selesai. Untuk anakan, sebaiknya jangan terlalu keras cukup jalan-jalan sekitar 200-300 meter saja. Untuk anjing dewasa (1 tahun lebih) latihan dapat diberikan lebih banyak (1 – 5 KM) . Penambahan jarak atau waktu latihan sebaiknya secara bertahap . Misalnya untuk bulan pertama cukup 1 KM saja, setiap bulan bertambah 1 KM sampai batas maksimal 5 KM. Berikan waktu istirahat sekitar 5 menit disetiap kilometer.

Perawatan Chihuahua hamil dan menyusui.

Chihuahua yang sedang hamil sebaiknya tidak perlu diberi suplemen tambahan seperti vitamin atau kalsium jika nafsu makannya baik dan kualitas dog foodnya juga baik. Kalau Chihuahua nafsu makannya tidak baik sebaiknya dicekoki dog food yang sudah dilunakan dengan menggunakan air hangat. Chihuahua yang sedang hamil jika diberi tambahan vitamin akan menyebabkan ukuran janin menjadi besar sehingga akan sulit untuk melahirkan.

Untuk Chihuahua yang sedang menyusui boleh ditambah vitamin atau calsium. Chihuahua yang sedang menyusui sangat membutuhkan tambahan vitamin dan calsium agar produksi air susunya dapat berjalan dengan lancar. Jika nafsu makannya masih kurang baik atau kurang nafsu dengan dog food yang biasa diberikan anda boleh memberi makanan lain seperti daging/hati dengan nasi . Tambahkan sedikit garam agar anjing selalu haus sehingga ia akan banyak minum . Anjing yang sedang menyusui harus banyak minum agar produksi susunya lancar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s